KAJIAN PENGUATAN DAYA SAING DAERAH MELALUI LOCAL BRANDING KABUPATEN BANDUNG

Penulis

  • Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kab Bandung Author

Kata Kunci:

strategi, penguatan, daya saing, local branding, Kabupaten Bandung

Abstrak

Salah satu strategi untuk mendatangkan keuntungan dalam sektor perekonomian pada suatu daerah adalah dengan melakukan Local Branding. Local branding yang dikelola dengan baik oleh suatu daerah dapat mendatangkan keuntungan dalam berbagai bidang. Hal ini dikarenakan Local Branding melekat pada daerah yang menggunakannya dan sebagai ajang promosi daerah. Kajian Penguatan Daya Saing Daerah Melalui “Local Branding” dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai potensi unggulan daerah Kabupaten Bandung yang dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan perekonomian. Beberapa Strategi Penguatan Daya Saing Daerah yang dilakukan adalah melalui langkah-langkah, Penguatan Pelaku Usaha Pemula (Start Up) dan UMKM melalui program Inkubator Bisnis, Inovasi Daerah dan Strategy Branding. Selain itu pada era digital seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi seharusnya sudah menjadi salah satu pilihan dalam mengembangkan potensi daerah, melalui pemberdayaan pelaku usaha kecil menengah. Namun dari penelitian dalam kurun waktu 2016 sampai dengan 2019, pengembangan pasar digital dalam pengembangan UMKM belum dilakukan maksimal. Penguatan daya saing daerah, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-15