Analisis Implementasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di Kabupaten Bandung
Kata Kunci:
pendidikan anak usia dini, holistik, Pendidikan, programAbstrak
Studi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD-HI) di Kabupaten Bandung yang dilihat dari bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan anak; serta analisis terjhadap hambatan dalam pelaksannanya. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakakan wawancara, survey dan kajian literatur. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari praktisi dan stakeholder dalam bidang PAUD-HI yang terdiri dari perwakilan dari berbagai unsur terkait. Hasil studi menunjukkan bahwa Implementasi Program PAUD-HI Bidang Pendidikan Pemerintah sudah berupaya meningkatkan akses dan partisipasi anak di semua lembaga PAUD; memberikan bantuan insentif bagi kesejahteraan guruserta meberikan pelatihan-pelatihan terkait PAUD-HI; serta belum banyak satuan PAUD yang bisa mandiri atau mendapat bantuan dari LSM/ CSR terkait program PAUD-HI. Selain itu, Implementasi Program PAUD-HI Bidang kesehatan, hampir semua satuan PAUD sudah melakukan integrasi dengan lembaga kesehatan yang ada di daerahnya. Implementasi Program PAUD-HI Bidang perlindungan anak di Kabupaten Bandung, sudah terdapat inovasi dari Disdukcapil dengan layanan pembuatan akte kelahiran serta membuat Kartu Identitas Anak sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap hak anak; Di bidang pengasuhan, telah terdapat beberapa inisiatif yang dilakukan oleh Satuan PAUD, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait; Dalam bidang kesejahteraan anak, sudah terdapat upaya pemerintah untuk meningkatkannya dengan kerjasama yang dilakukan antara dinas-dinas terkait, namun masih berdasar ketokohan Bunda PAUD. Analisa Implementasi PAUD-HI di Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa telah terdapat beberapa praktek baik di beberapa satuan PAUD terkait dengan implementasi PAUD-HI, akan program PAUD-HI yang telah dilaksanakan seringkali masih dilakukan secara parsial dan tidak terintegrasi. Kendala- kendala tersebut menjadi penghambat keberhasilan PAUD-HI ini.