Analisis Terhadap Implementasi Program Merdeka Belajar di Kabupaten Bandung

Penulis

  • Ruli Isnani Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kabupaten Bandung Author
  • Fitra Hadiansyah Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kabupaten Bandung Author

Kata Kunci:

Implementasi Program, Merdeka Belajar, Pendidikan, Regulasi

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program merdeka belajar di Kabupaten Bandung dan Membangun argumentasi rasional intervensi dukungan pemerintah dalam pelaksanaan program merdeka belajar di Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakakan survey dan kajian literatur dengan menggunakan Interview dan survey. Informan dalam penelitian ini dipilih dean menggunakan purposive sampling. Informan terdiri dari perwakilan dari berbagai unsur terkait. Dari tingkat kabupaten merupakan anggota Team Penggerak Mereka Belajar Kabupaten Bandung, yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan, Penilik/ Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru yang merupakan perwakilan dari jenjang PAUD, SD, SMP dan PNFI. Hasil studi menunjukkan bahwa implementasi program merdeka belajar di kabupaten Bandung dilaksanakan melalui program Asesmen Nasional dan Survei Lingkungan Belajar, Program Guru Penggerak, Program sekolah penggerak, IKM dan PMM, dan transformasi pendidikan khusus. Oleh karena itu Perlu dirancang kebijakan dan regulasi seperti peraturan bupati yang mendukung Merdeka Belajar, termasuk aturan yang memfasilitasi Asesmen Nasional, Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pemanfaatan Rapor Pendidikan serta Program Pendidikan Khusus Inklusi. Dilakukan sosialisasi secara luas untuk memahamkan masyarakat, guru, dan pihak terkait tentang konsep dan manfaat Merdeka Belajar, perubahan kebijakan dan langkah-langkah implementasi kepada semua pemangku kepentingan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-12